Masyarakat Indonesia bangga setelah menonton Acara Pembukaan Asian Games 2018, yang disiarkan langsung dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (18/8/2018) mulai pukul 19.00.
Acara pembukaan ini menjadi sorotan se-Indonesia bahkan se-Asia, apalagi Indonesia menjadi tuan rumah event olahraga terbesar di Benua Asia.
Opening ceremony dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri para pejabat negara se-Asia.

Pada awal pembukaan diputarkan video singkat ketika Jokowi menaiki motor untuk menuju ke SUGBK.
Dalam video tersebut, awalnya Jokowi mengendarai mobilnya, namun karena ada banyak rombongan supporter Indonesia memenuhi jalan, berbondong-bondong ke arah SUGBK.
Lalu Jokowi pun memutuskan untuk menaiki sepeda motor satu paspampres.
Meski mengenakan setelan jas rapi, dalam video tersebut, Jokowi yang mengenakan helm sempat melakukan atraksi melompati truk.
Bahkan dirinya juga sempat berhenti untuk memberikan jalan pada rombongan anak-anak berbaju pramuka yang akan menyeberang.

Setelah dirinya melanjutkan perjalanan, tampak Jokowi yang menaiki motor masuk ke dalam Stadion Bung Karno, lalu menaiki lift untuk ke panggung utama.
Jokowi pun langsung disambut para delegasi kenegaraan dari luar negeri.

Setelahnya acara pembukaan dilanjutkan dengan tarian Ratoh Jaroe yang dibawakan ribuan orang.
Uniknya ribuan orang tersebut menari dengan koreografi untuk membentuk pixel indah yang bisa berganti-ganti.

Setelah tarian tersebut, para atlet pun diarak berdasarkan negara masing-masing.

Pembukaan Asian Games yang begitu spektakuler ini mendapat apresiasi dari masyarakat Indonesia.
Lewat unggahan-unggahan di Twitter, warganet merasa bangga pada Indonesia setelah melihat Opening Ceremony yang luar biasa tersebut.
Aktor Ernest Prakasa pun mengungkapkan rasa bangganya lewat cuitannya, Sabtu (18/8/2018)
‏"Terimakasih Pak Jokowi beserta jajaran pemerintah, aparatur keamanan, panitia acara, dan seluruh penampil yg menyukseskan acara pembukaan #AsianGames2018⁠⁠.
Terimakasih sudah memberi rasa bangga menjadi Indonesia," cuit Ernest Prakasa.
Stand up komedian Soleh Solihun juga menyebut bahwa pembukaan Asian Games 2018 ini begitu keren.
"setelah acara pembukaan #AsianGames2018 yang begitu keren ini, kayaknya orang yang tadinya cuek aja sama kegiatan ini, minimal bakal mulai timbul ketertarikannya.

ya minimal terjadi sama saya lah," tulis Soleh Solihun dalam unggahan twitternya, @solehsolihun.
Tak hanya kalangan artis, warganet Indonesia pun turut mengapresiasi begitu meriahnya Upacara Pembukaan Acara Pembukaan Asian Games 2018 ini.

@nemureinpb: "Setelah menonton #OpeningCeremonyAsianGames2018 , saya baru sadar, Indonesia sangatlah tidak pantas untuk dihujat, apalagi sama bangsanya sendiri. Indonesia keren banget. Welcome to Indonesia, Asians. #proud #AsianGames2018 #AsianGames #energyOfAsia"
@smstan_tuwir: "THE BEST OPENING OF #asiangames IS TONIGHT!! PROUD TO BE INDONESIAN

SUMPAH KEREN BANGET GILS PARAH INI MAH MEMANTUL PISAN MONANGES RASANYA SAKING BANGGANYA" #AsianGames2018 #OpeningCeremonyAsianGames2018
@ainurohman: "MasyaAllah, pembuka Opening Ceremony #AsianGames2018 LUAR BIASA. EPIC. IDENYA DAHSYAT. Terharu banget melihatnya. Indonesia, kamu kereeeen!!!!" (TribunWow.com/Ekarista R.P)